Welcome To Yudas Blog For Update News
loading ...

Minggu, 21 Maret 2010

Setelah Sembuh, Penderita Kusta Bingung Tak Punya Rumah

Penderita kusta, Suryadi (40) yang saat ini dirawat intensif di Puskesmas Pragaan Sumenep, Madura mulai memikirkan kehidupan yang akan dijalani setelah penyakitnya bisa disembuhkan.

Suryadi yang dibuang istri dan keluarganya tersebut tidak mempunyai harta dan rumah. Selama berada di Muncar Banyuwangi, lahan yang ditempati untuk rumah ternyata milik orang.

"Setelah sembuh dari penyakit ini, saya juga kebingungan mau hidup di mana, rumah dan lahan juga tidak punya. Untuk kembali ke Banyuwangi sudah tidak mungkin. Istri sudah jelas menolak kehadiran saya," kata Suryadi saat berbincang-bincang dengan detiksurabaya.com di Puskesmas Pragaan, Sumenep, Jalan Raya Pragaan-Pamekasan,
Minggu (21/3/2010).

Dia berharap ada dermawan yang bisa membantu atau menyediakan tempat tinggal yanglayak demi masa depan Fani. "Yang ada dalam benak saya, bagaimana Fani itu besar dan mempunyai bekal pendidikan yang cukup, sehingga tidak menderita seperti saya," ujarnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Pragaan, dr Erliyati MKes menjelaskan, kondisi Suryadi terus membaik, khususnya bekas kecelakaan pada paha kiri yang patah. "Suryadi merasa nyaman meski sesekali menahan sakit luka pada bagian belakang paha bekas kecelakaan itu," ungkap Erliyati.

Sebelumnya pria asal Waru, Pamekasan, Madura ini mengaku sudah 7 bulan tidak pernah mandi dan tidak dirawat karena tidak ada biaya. Penyakit kustanya makin parah dan mengeluarkan bau menyengat. Bahkan, bekas kecelakaan yang juga tidak dirawat sejak awal September 2009 membusuk dan terlihat besar.

Setelah dibuang keluarga dan diasingkan warga di hutan Desa Rombasan, Kecamatan Pragaan, Sumenep, Madura selama seminggu, praktis kehidupannya terasing. Bahkan saat ini Suryadi harus sendirian merawat dirinya. Sebab anak angkatnya, Fani (8) yang selama ini menemani dipaksa pulang oleh istrinya, Khusnul Khotimah (35) ke Muncar,
Banyuwangi.

Anda ingin membantu meringankan beban Suryadi? Saatnya berbagi dan bergabung di forum detiksurabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your Ad Here