Welcome To Yudas Blog For Update News
loading ...

Selasa, 23 Februari 2010

Gubernur Jabar Kerahkan Tim Evakuasi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan menyatakan tim tanggap darurat Pemprov Jawa Barat yang dikomandani Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) diinstruksikan untuk mengerahkan tim evakuasinya ke lokasi longsor Pasirjambu Kabupaten Bandung.

"Tim evakuasi dari BPBD Jabar, Polda Jabar, TNI, Tagana dan PMI sudah bergerak dan masuk ke lokasi bencana longsor, sulitnya akses telekomunikasi tak menjadi halangan bagi tim evakuasi melakukan pencarian korban yang tertimbun," kata Ahmad Heryawan di Gedung Pakuan Kota Bandung, Selasa (22/2/2010).

Menurut Gubernur, lokasi longsor di Desa Tenjolaya Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung lokasinya terpencil dan berada di kawasan Perkebunan Teh Dewata.

Jalan untuk menuju kawasan itu cukup berat dan berkelok-kelok. Meski medan jalan sulit, pihaknya telah mengirimkan bantuan bagi warga termasuk melakukan penanganan kedaruratan terhadap pengungsi.

"Bantuan langsung dikirim ke lokasi kejadian, tim bergerak sejak Selasa sore untuk melakukan penanganan," kata Gubernur.

Terkait kemungkinan banyaknya korban jiwa yang tertimbun longsor, Gubernur menyebutkan untuk dilakukan pencarian atau evakuasi secara maksimal sehingga dapat menemukan semua korban yang tertimbun.

Ia mengakui, hingga Selasa malam ia belum mendapat informasi korban jiwa dan jumlah pengungsi akibat peristiwa longsoran dari Gunung Tilu tersebut.

"Hingga malam ini saya belum mendapat informasi jumlah korban yang pasti, akses komunikasi ke lokasi kejadian sulit ditembus. Tim kami yang meluncur ke lokasi belum bisa dihubungi," kata Heryawan.

Meski demikian, ia yakin dengan banyaknya personil yang dikerahkan untuk melakukan evakuasi di lokasi longsor, penanganan bisa dilakukan secara maksimal.

"Akses jalan ke lokasi longsor kan tidak terputus, hanya sulit dan terjal karena kondisi jalannya mungkin kurang baik. Namun dipastikan bantuan dan keperluan untuk evakuasi bisa dikirimkan ke sana, termasuk pula penggunaan alat berat," kata Heryawan.

Ia menyebutkan, penanganan ke setiap titik lokasi bencana di Jawa Barat akan dilakukan semaksimal mungkin dan bersinergis dengan pemerintah kabupaten/ kota setempat.

"Sejak dulu Jabar sudah siaga bencana, sehingga kesiagaan penanganan saat ada kejadian langsung ditangani, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menjadi koordinator semua potensi penangnaan bencana," kata Heryawan.

Sementara itu informasi hingga pukul 21.00 WIB, jumlah korban jiwa yang berhasil ditemukan sebanyak empat orang yakni tiga orang dewasa dan seorang anak-anak.

Sedangkan jumlah yang dilaporkan tertimbun sebanyak 60 orang, namun informasi lain menyebutkan sebanyak 72 orang.

"Informasi masih simpang siur, kami belum bisa memastikan korban jiwa dan yang masih tertimbun," kata Wakapolres Bandung, Kompol Puji.

Sementara itu Polres Bandung sendiri mengerahkan sekitar 400 personilnya untuk membantu proses evakuasi korban di lokasi longsor Pasirjambu. Mereka melakukan evakuasi bersama TNI dibantu masyarakat setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your Ad Here