Welcome To Yudas Blog For Update News
loading ...

Sabtu, 21 November 2009

Gaji PNS naik Pelayanan Naik Dong

PURBALINGGA, - Rencana Anggaran Biaya Daerah (RAPBN) 2010 di Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah bakal di pangkas untuk kegiatan rutin pegawai dan rencana kenaikan gaji PNS sebesar Rp 34,5 miliar. Sejumlah kegiatan yang pro rakyat terpaksa dipangkas.

Kenaikan gaji PNS yang akan dinaikkan 5 persen atau Rp 18.5 miliar nanti akan diambilkan dari RAPBD 2010. Terkasuk kegiatan untuk alokasi penambahan personel PNS hasil rekruitmen baru, pengangkatan sekretaris desa ditambah untuk biaya penyelenggaraan Pilkada yang totalnnya Rp 34,5 miliar.

"Anggaran untuk kenaikan gaji PNS dan lainnya, totalnya ada Rp 34,5 miliar rencananya akan diambilkan dari RAPBN 2010 yang nilainya Rp 723 miliar," kata Kabid Fisik dan Prasarana Wilayah badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda) Purbalingga, Siswanto SPt, Kamis (19/11).

Rencana kenaikan gaji, pengangkatan PNS dan Sekdes serta Pilkada akan berdampak pada berkurangnya alokasi belanja langsung untuk masyarakat. Penurunan alokasi belanja langsung akibat adanya kenaikan belanja rutin pegawai tersebut. Bahkan, sejumlah usulan kegiatan dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) maupun masyarakat sempat tertunda akibat tidak bisa dibiayai dengan APBD.

"Kenaikan belanja rutin termasuk gaji PNS ini tidak dapat dihindari. Belanja langsung memang mengalami pengurangan. Namun, yang paling merasakan penurunan anggaran ini adalah Pemkab atau SKPD karena mau tidak mau, belanja rutin SKPD harus ditekan," terang Siswanto.

Khusus belanja untuk kegiatan masyarakat termasuk untuk sarana dan prasarana pedesaan tidak mengalami pengurangan pada tahun 2010 mendatang. Karena itu masyarakat diminta tidak khawatir dengan adanya pengurangan belanja langsung. "Meski anggaran sangat berat, alokasi dana ke desa seperti ADD dan lainnya tidak berkurang dan tetap dipertahankan," tambahnya.

Menanggapi hal ini, anggota DPRD dari Fraksi PKS, Mukharir Ahmad mengatakan, kenaikan gaji PNS itu harus diimbangi dengan peningkatan kinerja dan produktivitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your Ad Here